Menghilangkan nama author dan label atau kategori dari blog

Setiap kali kita memposting artikel di blog, maka biasanya akan muncul nama penulis dan label atau kategori dari artikel tersebut tepat dibawah judul postingan atau dibawah artikel tergantung settingan template blog yang anda pakai.

Dan banyak blogger yang menginginkan nama penulis atau author tersebut bahkan kategori artikel disembunyikan dengan tujuan agar blog terlihat lebih profesional. Dan kali ini di artikel ini, akan saya tunjukkan cara menyembunyikannya, baik nama author maupun label/kategori artikelnya.

menyembunyikan nama author dan label atau kategori di blog

Nah, biar lebih mudah langkah-langkahnya, akan saya bagi menjadi dua, yang pertama menghilangkan nama author dan kedua menyembunyikan label kategori.

Untuk menyembunyikan nama author cukup ikuti petunjuk dibawah ini. Meskipun saya menyebutnya menyembunyikan, nyatanya cara ini menghapus kode yang menampilkan nama author, jadi untuk jaga-jaga backup dulu templatenya.

  1. Pertama masuk ke blogger dan pilih blog kamu
  2. Sekarang masuk menu Template lalu klik Edit HTML
  3. Kemudian tekan Ctrl+F dan cari kode <data:post.author>
  4. Kalau sudah ketemu hapus kode tersebut. Perlu diketahui kalau kode tersebut biasanya ada lebih dari satu jadi pastikan untuk menghapus semuanya.
  5. Klik simpan template dan coba buka blog kamu, bisa dipastikan namau author sudah menghilang

Selanjutnya kali ini adalah menyembunyikan label atau kategori artikelnya. Kalau cara ini memang benar disembunyikan bukan dihapus, yaitu dengan menambahkan sedikit kode CSS di dalam template.

  1. Pertama, seperti cara pertama tadi, masuk blogger, pilih menu Template dan klik edit template
  2. Cari kode <style> dengan menggunakan ctrl+f lalu pastekan kode berikut ini tepat diatasnya
  3. .post-label {display: none;}
  4. Terakhir klik simpan template dan coba cek. Tampilan label atau kategori pun sudah hilang

Begitu kira-kira cara menyembunyikan nama penulis dan label/kategori pada blog.

Dan bila dengan cara diatas tidak berhasil, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar. Sebisa mungkin saya akan membantu dengan mengecek blog milik kamu. Biasanya kalau tidak berhasil sih itu kode css nya yang berbeda, jadi tinggal cek dengan inspect element untuk mencari tahu kode id css-nya.

2 Comments

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

  1. Semangat pagi gan.. Saya tertarik dengan postingan diatas nih. Ada pertanyaan berkaitan posting tsb, sebenarnya apa saja manfaat ketika menghilangkan "labels" pada blog? Kemudian apakah ada pengaruhnya terhadap SEO? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. manfaat hanya agar tampilan terlihat lebih minimalis aja, yah tergantung selera orang sih,

      dan untuk masalah SEO atau tidaknya saya kira tidak, buktinya saya pakai cara itu di blog saya yang lain, tidak ada penurunan visitor yang berarti.

      Delete

Post a Comment

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Previous Post Next Post