Cara mengaktifkan sertifikat HTTPS SSL di Blogger

Kalau kamu ingin blog blogger kamu lebih aman dari serangan malware secara gratis maka sertifikat SSl adalah solusinya. Dengan menggunakan sertifikat SSL gratis yang disediakan blogger, kita bisa melindungi blog dan pengunjung. Mengubah blog yang awalnya HTTP menjadi HTTPS cukup dengan menginstall sertifikat SSL untuk blogger caranya cukup sederhana kok. Jadi postingan kali ini akan saya jelaskan cara menggunaknnya, yaitu mengaktifkan sertifikat SSL HTTPS gratis di Blogger.

https ssl blogger free

Apa itu sertifikat SSL ?

SSL itu singkatan dari Secure Socket Layer yang fungsinya meningkatkan keamanan antara website dan pengguna. Kita kan saat internetan di suatu website biasanya mengisi formulir atau membeli barang secara online dan sebagainya, yang intinya mengirimkan informasi ke server websitenya. Nah, untuk melindungi ‘informasi’ yang dikirimkan tersebut dibutuhkan koneksi yang aman.

Koneksi yang sudah menggunakan sertifikat SSL maka protokolnya berubah, bisa dilihat di addres bar browser biasanya ada yang HTTP dan HTTPS, HTTPS itulah yang artinya koneksi aman. Dengan koneksi HTTPS, informasi yang dikirimkan atau diterima antara server dan pengguna akan di enkripsi sehingga para hacker tidak bisa mengaksesnya.

Semua situs memiliki sertifikat SSL yang unik. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi koneksi yang aman. Situs yang SSL, koneksi HTTPS dan sertifikatnya tidak sama, maka browser bisanya akan memberikan pesan peringatan.

Kenapa harus menggunakan SSl ?

Saat kita berbicara tentang peringkat di mesin pencarian, Google akan memberi perhatian lebih kepada situs yang menggunakan HTTPS dari pada situs yang menggunakan HTTP. Menggunakan koneksi yang aman akan memberikan kesan yang kuat kepada search engine kalau situs tersebut aman untuk dikunjungi.

Itulah alasan kenapa situs yang menggunakan koneksi yang aman biasanya berjalan lebih baik daripada situs yang tidak menggunakan koneksi SSL.

Cara mengaktifkan Sertifikast SSL HTTPS GRATIS di Blogger

Kira-kira, harga sebuah sertifikat SSL standar sebesar 10 dollar pertahun untuk setiap situs. Untungnya sih Blogger menawarkan solusi SSL gratis untuk para pengguna blogger. Sayangnya blog yang sudah custom domain tidak bisa menggunakan fitur ini. Jadi blog yang domainnya sudah di ubah seperti blog Arifuw.com ini tidak bisa menggunakannya, atau harus beli sendiri bila ingin memakainya.

  1. Untuk mengaktifkan HTTPS, pertama masuk ke Blogger kemudian pilih blog yang mau diaktifkan HTTPSnya.
  2. Pilih Setelan, pilih Dasar, dan cari pengaturan HTTPS
  3. Pada bagian Ketersediaan HTTPS pilih Ya

Https ssl certificate Blogger

Sekarang blog sudah memiliki sertifikat SSL yang unik yang akan meningkatkan keamanan blog kamu. Coba kamu buka blog kamu yang sudah diaktifkan HTTPSnya di address bar browser, bisa kan ? Semua blog Blogger bisa kamu aktifkan Dukungan SSL nya secara gratis.

Semoga tutorial ini membantu untuk mengaktifkan sertifikat SSL HTTPS gratis di Blogger. Walaupun fitur ini hanya gratis untuk blog dengan domain .blogspot.com dan bukan untuk custom domain.

2 Comments

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

  1. kala blognya sudah jadi, apakah nanti sama caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua blog blogger sama semua caranya om topik

      Delete

Post a Comment

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Previous Post Next Post