Cara mengetahui artikel atau postingan paling populer di blog

Membuat artikel untuk postingan blog yang banyak dibaca orang adalah tujuan utama dari blogging. Dengan banyaknya pengunjung kepuasan batin pun terpenuhi karena blog menjadi terkenal oleh banyak orang.

Selain itu artikel yang banyak dibaca orang juga hal terpenting bagi blog yang tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan uang. Semakin banyak pengunjung maka kemungkinan uang mengalirpun meningkat.

popular post postingan dan artikel paling populer

Lalu bagaimana menemukan postingan blog yang paling banyak dibaca oleh pengunjung ? Hal ini penting untuk kedepannya, dengan mengetahui minat pengunjung, kita bisa membuat artikel yang bisa menarik banyak visitor.

Jumlah Komentar

Salah satu cara termudah untuk mengetahui postingan mana yang populer adalah dengan melihat jumlah komentarnya. Semakin banyak komentarnya berarti semakin populer postingan tersebut. Tapi bukan berarti postingan yang banyak komentar itu yang paling populer, sebab ukuran populer itu tergantung dari banyaknya pengunjung yang membaca.

Postingan yang populer belum tentu banyak komentar, tetapi postingan yang banyak komentar sudah pasti populer.

Lalu Lintas Media Sosial

Lalu lintas dari media sosial seperti facebook juga menjadi acuan. Biasanya postingan atau artikel yang memiliki trafik besar yang berasal dari media sosial itu bertemakan hal-hal unik yang menarik, peristiwa menggemparkan, berita politik yang populer dan hal-hal aneh lainnya.

Bila blog anda mempunya niche yang seperti ini, maka traffik dari media sosial adalah sebuah kebutuhan utama.

Jumlah Trackback

Seberapa banyakkah blog atau situs lain yang mereferensikan postingan anda ? Jika postingan anda memiliki banyak trackback, besar kemungkinannya kalau kualitas postingan tersebut sangat baik dan tinggi.

Apalagi bila situs yang mereferensikan blog anda adalah situs besar yang berdomain .edu, maka hal ini akan sangat menguntungkan karena backlink adalah hal yang penting untuk SEO. Selain mengetahui postingan yang populer juga dapat meningkatkan kemungkinan blog di halaman pencarian pertama google.

Google Analytics

Analytics adalah tools wajib bagi para blogger karena manfaat dan kegunaannya. Analytics adalah cara yang tepat untuk dapat mengetahui dari mana dan seberapa besar lalu lintas pengunjung suatu postingan.

Google analytics bisa memberikan informasi dari mana sumber trafik blog berasal, baik dari blog atau situs lain, media sosial, mesin pencari, atau secara direct. Biasanya data ditampilkan dalam bentuk persentase, dan ini adalh cara yang paling mudah.

Menggunakan layanan pihak ke 3

Situs seperti PostRank bisa menganalisis setiap postingan blog kita dan memberikan skor popularitas terhadap setiap postingan yang ada. Intinya Layanan ini mudah digunakan dan memberikan informasi secara kurat.

Widget Popular Post

Blog dengan platform blogger sudah menyediakan widget untuk menyediakan postingan terpopuler yang adad di blog. Cara ini sangat sederhana, kita tinggal memasang widget dan mengatur berapa banyak yang akan tampil dan dalam rentang berapa hari postingan populer di tampilkan.

Dan setelah anda menemukan minat dan tema yang disukai pengunkung, sekarang tinggal membuat artikel sebanyak-banyaknya. Tingkatkan trafik blog dengan membuat artikel yang berkualitas.

2 Comments

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)


  1. terimakasih atas semua infonya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Ternyata caranya bisa dibilang sangat mudah min.. thanks

    ReplyDelete

Post a Comment

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Previous Post Next Post