Jangan pernah kamu lakukan kesalahan ini di Facebook

Facebook adalah jejaring sosial terbesar di dunia, dan dengan luangnya waktu dan kemudahan akses ke internet, masyarakat lebih memilih berhubungan di Facebook. Dan faktanya banyak sebagian orang yang memilih berteman lewat Facebook daripada bertemu secara langsung di dunia nyata. Ini adalah sebuah ironi, tetapi memang itulah yang sedang terjadi. Kecanduan facebook bukanlah sesuatu yang baru, dan tak peduli hidupmu hebat atau tidak, Facebook telah menjadi potret kehidupan yang sedang kamu jalani.

fb-kesalahan

Facebook itu semuanya tentang bersosialisasi, dan ada banyak kesalahan yang sering kita lakukan saat menggunakan Facebook. Kalau kamu adalah orang yang menggunakan Facebook dalam waktu yang lama, ada beberapa hal dasar yang harus kamu patuhi dan hindari agar terhindar dari hal-hal yang merugikan.

Berikut ini adalah kesalahan yang sebaiknya kamu hindari.

Mengirim permintaan pertemanan  secara asal

random-Facebook-friend-request

Facebook adalah tentang berhubungan dengan orang lain, dan membuat teman baru. Namun di satu waktu terdapat perbedaan besar antara menambah teman dengan seseorang yang memang kamu suka dengan menambah teman secara hanya untuk memperbanyak teman. Facebook telah memasang banyak fitur keamanan untuk mencegah orang lain  menambahkan kamu sebagai teman dan secara bersamaan mencegah kamu menambah teman dalam jumlah banyak. Kalau kamu menambah banyak teman dalam rentang waktu yang pendek, kamu akan tidak bisa menambah teman lagi dalam rentang waktu tertentu. Terlebih lagi bila teman yang telah kamu tambahkan tadi melaporkan kamu, maka akun kamu bisa dalam bahaya.

Jadi kalau jari kamu gatal ingin menambah teman, maka hindarilah secara acak mengklik tombol tambah teman. Pilih orang yang kamu kenal saja untuk dijadikan teman atau orang yang memang kamu ingin kenal dengannya. Percuma juga kan menambah orang yang kamu tidak kenal jadi teman karena kamu tidak akan ada waktu untuk berhubungan dengan mereka.

Jangan unggah foto dengan privasi publik

Ini adalah kesalahan yang biasa di lakukan pengguna facebook pemula (Newbies). Mendapatkan banyak like dan komentar adalah yang pengguna baru cari, dan mereka biasanya membuat banyak update status dan foto dalam sehari. Kalau kamu ingin membagikan foto keluargamu atau foto yang berupa kehidupan personal kamu, maka jangan lupa di atur friends only. Hal ini agar kamu dan keluargamu aman dari ribuan stalker di luar sana.

Jangan menghapus pertemanan

unfriend-on-Facebook

Kita adalah manusia dan kadang melakukan kesalahan, dan kesalahan tersebut bisa berdampak panjang. Sama saat kita menghapus pertemanan seorang teman di Facebook. Mungkin kamu mengalami hari yang buruk atau marah kepada seorang teman, dan hal pertama yang kamu pikirkan adalah meng-unfriend orang tersebut di Facebook. Itu adalah hal buruk yang seharusnya tidak kamu lakukan, menghapus pertemanan di Facebook terasa melukai bagi teman kamu tersebut. Mungkin kamu merasa marah atau kecewa dengan teman kamu namun selesaikanlah masalah tersebut bukan dengan meninggalkan kesan yang buruk dengan melakukan hal itu.  Jadi intinya adalah:

  • Jangan menambah teman sembarangan apalagi kalau kamu tidak tahu orang itu sama sekali.
  • Jangan menghapus pertemanan sampai kamu punya alasan yang jelas untuk melakukan hal itu, apalagi saat kamu sedang marah dan bad mood.

Semua hal di atas bukanlah buku aturan Facebook atau apa, namun untuk mengajarimu bagaimana caranya menggunakan Facebook. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mencegah kamu melakukan kesalahan bodoh yang bisa membuat kamu malu nantinya.

Post a Comment

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Previous Post Next Post