Mengatasi AutoCAD tidak bisa digunakan karena Fatal error

Saat minggu-minggu terakhir bagi kami mahasiswa pendidikan teknik bangunan adalah saat – saat tugas menggila. Setidaknya ada 3 tugas besar yang harus diselesaikan, salah satunya adalah menggambar  3D autocad di mata kuliah komputer grafis 2.

Memperbaiki autocad rusak karena Fatal Error

Tapi entah kenapa banyak dari teman saya yang program autocadnya rusak terkena fatal error. Dan semuanya adalah autocad versi 2013. Gara-gara fatal error ini autocad tidak bisa digunakan, alhasil tugaspun jadi tertunda.

Karena itu pula saya jadi tukang reparasi laptop dadakan, yah meskipun gak ahli banget setidaknya saya bisa memperbaikinya. Setidaknya saya bisa menemukan ilmu baru untuk saya jadikan artikel di blog arifuw ini.

Penyebab dari fatal error ini berdasarkan hasil googling sih diakibatkan karena cache file autocad sudah penuh. Jadi solusinya kita harus membersihkan cache tersebut agar autocad bisa digunakan.

Oke langsung saja pertama yang kita lakukan adalah centang pilihan Hidden item di tab View pada file explorer. Selanjutnya buka folder GraphicsCache tempat cache autocad berada yang lokasinya berada disini.

C:\Users\NAMA-USER-LAPTOP\AppData\Local\Autodesk\AutoCAD 2015\R20.0\enu\GraphicsCache

Pada bagian NAMA-USER-LAPTOP silahkan ganti dengan nama user windows yang anda gunakan. kamudian pada bagian 2015 ganti dengan versi program autocadnya kalau pakai autocad 2013 ya ganti jadi 2013.

Bila foldernya tidak ketemu, cari secara manual saja, jadi buka local disk C lalu buka folder users dan seterusnya sampai ketemu dan masuk folder GraphicsCache

Nah kalau sudah samapai folder GraphicsCache anda bisa lihat banyak sekali cache hasil pekerjaan kalian. Sekarang pilih semua dengan tekan CTRL+A kemudian tekan del untuk menghapus semuanya. Atau kalau kalian takut nanti terjadi apa-apa silahkan backup saja dengan memindahkannya ke folder lain.

Sekarang coba kalian buka autocadnya masing-masing, pasti berjalan normal kayak semula.

Dan untuk kedepannya agar tidak terjadi kerusakan seperti fatal error diatas, sebaiknya upgrade autocad kalian ke versi lebih baru. Hal itu karena versi yang baru pasti sudah ada perbaikan dari bug-bug kerusakan. Contohnya saya, seumur-umur memakai autocad 2015 tidak pernah sekalipun terkena error. Palingan not responding, yah maklum laptop ecek-ecek.

Post a Comment

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Previous Post Next Post