Pilih pembayaran manual atau instant saat beli domain di Niagahoster

Niagahoster adalah salah satu tempat yang menyediakan penjualan domain dan hosting. Disitulah pertama kalinya saya membeli domain untuk blog Arifuw ini. Selain iklannya yang sering dilihat, sebenarnya banyak review dan kelebihan tentang Niagahoster yang sudah diberikan beberapa blogger.

pembayaran-manual-vs-instant

Namun bukan itu alasan sebenarnya mengapa memilih Niagahoster, hanya saja karena cuma situs itu saja yang pernah saya tahu dan di kunjungi. Itupun Cuma beberapa kali hanya untuk mengecek apakah nama domain yang saya inginkan sudah ada yang punya atau belum.

Disini saya tidak akan menjelaskan bagaimana caranya membeli domain atau caranya memasang domain TLD di blogspot. Postingan ini hanya berisi curhatan saya saja sebagai seorang blogger yang baru pertama kali membeli domain, jadi tidak ada informasi maupun ilmu yang terlalu penting disini. Mengenai cara pembelian domain di Niagahoster sudah saya jelaskan di postingan kemarin.

Disini saya tidak akan menjelaskan bagaimana caranya membeli domain atau caranya memasang domain TLD di blogspot. Postingan ini hanya berisi curhatan saya saja sebagai seorang blogger yang baru pertama kali membeli domain, jadi tidak ada informasi maupun ilmu yang terlalu penting disini. Mengenai cara pembelian domain di Niagahoster sudah saya jelaskan di postingan kemarin.

Baca : Panduan membeli domain di Niagoster untuk pemula

Di artikel tersebut saya menyuruh untuk menggunakan metode pembayaran secara manual bukan secara instant. Kenapa ? Sepele sih alasannya, yakni karena saya kurang tahu dengan arti pembayaran secara instant. Mungkin maksudnya setelah kita transfer uang pembayarannya lewat ATM, kemudian domain yang sudah di order langsung aktif dan bisa digunakan.

Nah, ini yang membuat bingung, caranya mentransfer uang dengan metode instant yang sedikit berbeda dengan transfer uang biasanya yaitu kita diharuskan memasukan kode pemesanan domain tadi, maklum gaptek jadinya takut salah salah gitu. Bukannya meragukan kecanggihan teknologi hanya saja khawatir kalau uang sudah terkirim tapi domain yang sudah dipesan tidak kunjung aktif.

Berbeda dengan metode manual, cara pembayarannya sama seperti transfer biasa yaitu dengan memasukan kode bank dan nomor rekening tujuan kemudian memasukan jumlah nominalnya. Setelah itu tinggal melakukan konfirmasi pembayaran agar domain bisa diaktifkan.

Konfirmasinya pun ada 3 cara yakni pertama melakukan konfirmasi langsung di list domain yang kita order di Niagahoster, kedua konfirmasi lewat email, dan terakhir live chat. Waktu itu saya melakukan konfirmasi lewat email karena buku tabungan saya terbawa teman jadi tidak tahu nomor rekening sendiri yang mana nomor rekening itu dibutuhkan untuk konfirmasi langsung.

Kurang dari setengah jam setelah konfirmasi lewat email, email balasan pun masuk. Isinya berupa konfirmasi pembayaran telah lunas dan selamat domain anda telah diaktifkan. Saat itu akhirnya lega dan puas, blog dengan domain sendiri yang diidam-idamkan akhirnya terlaksana juga. Tinggal melakukan integrasi antara domain dengan blogspot agar sub domain .blogspot.com berubah menjadi .com.

Kesimpulannya metode pembayaran secara manual saat membeli domain di Niagahoster menurut saya lebih nyaman daripada secara instant. Selain mudah, metode konfirmasinyapun banyak. Tapi bukan berarti metode instant itu gak nyaman, lebih nyaman malah kalau tahu caranya.

Sekian postingan ringan kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Previous Post Next Post